untuk keluarga sehat, sejahtera, dan harmonis

Penyebab Ejakulasi Dini (Part I)

Share on :
Ejakulasi dini adalah suatu kondisi seorang pria mengalami ejakulasi yang terlalu cepat dibandingkan pasangannya. Seperti diketahui, wanita membutuhkan waktu yang lebih lama untuk orgasme (sekitar 10-15 menit) setelah penestrasi. Kebanyakan pria pernah mengalami ejakulasi dini setidaknya sekali dalam hidup mereka.

Penyebab ejakulasi dini terbagi kepada primer dan sekunder. Eejakulasi dini primer terjadi bila sejak awal ia berhubungan seks tidak dapat mengontrol ejakulasinya sedangkan ejakulasi dini sekunder terjadi bila dahulunya orang tersebut dapat mengontrol ejakulasi tapi beberapa waktu terakhir ini tidak dapat mengontrolnya karena suatu sebab tertentu.

Ejakulasi dini disebabkan oleh beberapa hal diantaranya faktor fisik dan nonfisik.

Penyebab Fisik
Ejakulasi dini yang disebabkan faktor fisik dapat disebabkan antara lain oleh adanya perubahan kelenjar prostat, penyakit diabetes, gangguan saraf, serta kegagalan dalam mengendalikan titik ejakulasi. Penyebab lainnya adalah pengalaman seksual di masa muda ternyata dapat memberi andil terjadinya ejakulasi dini.

Penyebab Non-Fisik
Faktor non fisik ternyata memberi andil terjadinya ejakulasi dini. Seperti disebabkan pasangannya menderita sakit, tekanan kerja yang meningkat, masalah dalam keluarganya, kurang pengalaman dalam seksual, mempunyai orientasi seksual yang salah, kecemasan, takut gagal, fantasi seks yang berlebihan, atau suasana rumah yang kurang mendukung dalam bercinta.

Salah satu teori mengatakan bahwa penyebab utama ejakulasi dini adalah gangguan psikologis karena tekanan sosial untuk mencapai klimaks pada waktu yang singkat. Misalnya, ketakutan tertangkap ketida sedang masturbasi saat remaja atau ketika berhubungan seksual pertama sebelm pernikahan yang berkaitan dengan ketidaknyamanan dan perasaan bersalah.

Ketakutan dan kegelisahan juga bisa menjadi penyebab ejakulasi dini. Perasaan takut ditolak, ketakutan menyakiti pasangan, takut tidak bisa memuaskan pasangannya, dan kekahwatiran terjadinya kegagalan merupakan faktor psikis terjadinya ejakulasi dini. Kadang istri yang terlalu bersemangat juga bisa menyebabkan pria mengalami ejakulasi dini.


0 komentar on Penyebab Ejakulasi Dini (Part I) :

Post a Comment and Don't Spam!